Fakta Kontraksi Palsu yang Bermanfaat untuk Persalinan

CategoriesKesehatan

Salah satu hal yang mesti dipersiapkan bagi setiap wanita yang akan melahirkan adalah terjadinya kontraksi. Namun, seperti yang diketahui bahwa ada kontraksi palsu dan kontraksi asi yang mesti dibedakan. Hanya saja ternyata untuk kontraksi yang tergolong palsu ada manfaat untuk persalinan. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ini akan dijelaskan faktanya.

  1. Ketahui Tanda dari Kontraksi yang Palsu

Fakta pertama dari kontraksi yang tergolong palsu ini adalah tanda-tandanya yang mesti diketahui oleh setiap orang terutama untuk mereka yang wanita. Soalnya dengan mengetahui fakta ini maka Anda bisa tahu kapan waktu persalinan sudah dekat. Bukan tanpa alasan karena untuk kontraksi yang tergolong palsu maka bukan tanda persalinan jadi tidak perlu panik.

Tanda-tandanya sendiri mulai dari waktu terjadinya sendiri hanya berlangsung selama 30 detik saja dan hanya terjadi sesekali saja. Lain dengan kontraksi yang tergolong palsu maka waktu terjadinya lebih lama dan juga lebih sering. Tanda berikutnya adalah untuk kontraksi yang palsu hanya akan terasa pada bagian perut depan sedangkan untuk yang asli bisa di seluruh perut.

  1. Cara Sederhana Mengatasi Kontraksi yang Palsu

Bagi Anda yang tergolong masih awam pastinya akan panik apabila kontraksi ini terasa walaupun kontraksi tersebut tergolong palsu. Namun setelah mengetahui kalau kontraksi tersebut tergolong palsu maka Anda bisa langsung mengatasinya. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan langsung berbaring guna mengurangi rasa sakit maupun nyeri yang dirasakan.

Cara berikutnya yang bisa dilakukan dengan meminum air putih yang secukupnya. Bukan tanpa alasan karena ternyata salah satu penyebab terjadinya kontraksi ini adalah kurangnya asupan cairan bagi wanita hamil. Sedangkan cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Biasanya setelah itu, kontraksi tersebut akan perlahan menghilang.

  1. Manfaat Mengalami Kontraksi yang Tergolong Palsu

Fakta berikutnya dari kontraksi palsu adalah ternyata kontraksi jenis yang satu ini memiliki manfaatnya sendiri. Terutama manfaat yang bakal dirasakan langsung oleh wanita yang sedang hamil. Manfaat pertama yang bakal dirasakan adalah kontraksi tersebut sebagai pertanda bahwa kehamilan tersebut normal dan juga bayi di dalam rahim juga dalam kondisi sehat.

Manfaat berikutnya dari jenis kontraksi yang satu ini adalah akan lebih memudahkan wanita untuk melewati proses persalinan nantinya. Hal tersebut tidak lepas karena jenis kontraksi ini akan lebih mampu melunakan mulut rahim sehingga memudahkan persalinan.

  1. Kontraksi Ini Biasa Terjadi di Trimester Ketiga

Untuk fakta yang terakhir adalah kontraksi ini biasanya mulai terjadi di trimester ketiga kehamilan seseorang. Soalnya pada trimester tersebutlah, perasaan nyeri dan sakit yang disebabkan oleh kontraksi jenis satu ini. Jadi apabila sudah memasuki trimester ketiga maka mesti bersiap dengan jenis kontraksi ini.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang kontraksi palsu dan apa saja manfaat yang diberikan. Namun apabila Anda masih ingin mencari tahu informasi penting lainnya maka Orami Magazine bisa diandalkan. Anda cukup mengunjungi orami.co.id untuk mencari tahunya.

About the author