Mengenal Gejala, Faktor Resiko dan Cara Mencegah Gastroenteritis

CategoriesKesehatanTagged , , , , , , ,

Pernah mendengar istilah gastroenteritis? Mungkin masih asing bagi Anda, lalu bagaimana dengan istilah muntaber? Tentunya banyak yang sudah sering mendengarnya, atau bahkan mungkin sering kali mengalami kondisi tersebut. Penyakit yang satu ini pada dasarnya memang rentan menyerang siapa saja, utamanya adalah bayi dan juga anak-anak yang kekebalan tubuhnya masih begitu lemah, sehingga sekali terkena bakteri karena lingkungan yang kotor atau konsumsi makanan yang jauh dari kata bersih, akan mudah sekali terjangkit muntaber atau yang dikenal sebagai flu perut tersebut.

Sebagian besar diantara masalah kesehatan yang satu ini terjadi karena infeksi virus, juga termasuk kondisi yang mudah menular, sehingga harus berhati-hati. Meskipun dikatakan sebagai penyakit yang sepele. Namun patut untuk diketahui bahwa jika sampai penderitanya telat dalam mendapatkan pertolongan, maka dampaknya bisa jadi sangat serius, diantaranya adalah menyebabkan dehidrasi bahkan juga kematian. Karena dulunya penyakit ini juga pernah masuk dalam kejadian luar biasa yang menewaskan banyak orang.

Waspadai penyakit gastroenteritis ini, diantaranya adalah dengan mengenai beberapa gejalanya, berikut yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Rasa sakit kepala.
  2. Demam, penderitanya akan mengalami peningkatan suhu tubuh, namun tetap merasa kedinginan atau menggigil.
  3. Mual dan juga muntah.
  4. Nafsu makan turun, bahkan sama sekali tidak nafsu makan.
  5. Sakit perut.
  6. Nyeri pada otot dan juga sendi.
  7. Diare yang parah.

Masalah kesehatan yang satu ini beresiko tinggi menjangkiti beberapa kalangan berikut, yaitu:

  1. Anak-anak, seperti yang diketahui bahwa ketika usia masih dini maka kekebalan tubuh yang dimiliki juga cenderung masih begitu lemah, sehingga sangat mudah untuk terserang penyakit, termasuk diantaranya adalah flu perut tersebut. Belum lagi di usia dini mereka masih belum bisa membedakan asupan makanan yang bersih dan layak konsumsi dengan yang tidak.
  2. Penghuni asrama, resiko penularan dari penyakit ini memang sangatlah tinggi, sehingga jika seandainya salah satu penghuni asrama tersebut ada yang terkena penyakit ini, maka juga menyebabkan penghuni yang lainnya beresiko tinggi tertular.
  3. Lansia, sama halnya dengan anak-anak, maka semakin bertambahnya usia akan membuat kekebalan tubuh juga semakin menurun, jadi lebih mudah untuk terserang penyakit.
  4. Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, diantaranya adalah mereka yang mengidap penyakit HIV AIDS, kemudian juga terkena penyakit kanker darah, tengah menjalani kemoterapi dan sejenisnya.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak sampai terjangkit penyakit tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan, ini adalah hal yang penting dilakukan oleh siapa saja, karena bagaimanapun di lingkungan yang kotor maka ada banyak sekali diantara virus dan juga bakteri penyebab penyakit yang bisa hidup disana dan juga beresiko tinggi menyerang Anda.
  2. Mengkonsumsi makanan yang bersih dan juga higienis, perhatikan juga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, masak dengan benar hingga matang dan yang tidak kalah penting adalah penyimpanannya tidak boleh sembarangan, sehingga menjaga makanan tersebut tetap higienis.

Jika sudah mulai merasakan gejala gastroenteritis ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk segera melakukan pengobatan. Ingat bahwa langkah pertolongan pertama sangatlah penting, jika tidak resikonya juga sangat besar menyebabkan komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya, bahkan mungkin menyebabkan kematian, apalagi pada usia bayi dan juga anak-anak.

About the author