Tips Singkat dan Mudah Cara Merawat Tas Wanita

CategoriesLifestyle

Tas wanita adalah salah satu item wajib yang perlu dimiliki oleh setiap wanita. Berbagai model tas wanita dikeluarkan menyesuaikan kebutuhan pasar. Ada orang yang merasa lebih cocok mengenakan sling bag, tapi ada pula yang terlihat lebih suka mengenakan handbag.

Semua orang pasti memiliki selera pilihan masing – masing. Meski demikian, ada satu hal yang setiap wanita harus ketahui. Hal tersebut adalah cara merawat tas dengan baik agar bisa tetap awet digunakan. Apa saja yang perlu Anda ketahui? Simak ulasan berikut ini.

Tips Merawat Berbagai Jenis Tas Wanita dengan Mudah

Saat hendak merawat tas, pastikan terlebih dahulu jenis tas apa yang Anda gunakan saat ini. Mengapa demikian? Hal ini karena setiap tas yang terbuat dari bahan material yang berbeda membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Oleh karena itu, sebelum memulai perawatan pastikan Anda mengetahui jenis material apa yang digunakan untuk membuat tas tersebut. Sebagai contohnya, tas yang terbuat dari bahan suede cenderung memiliki tekstur yang sangat lembut.

Karena itu, pembersihan menggunakan deterjen sangat tidak disarankan. Kandungan deterjen termasuk berasal dari bahan yang keras sehingga akan dapat sangat mudah merusak tekstur asli tas tersebut. Sebaiknya, bila Anda memiliki tas berbahan suede pastikan Anda tidak mengenai minyak.

Apabila tas terkena noda, maka gunakanlah bahan yang lembut seperti tisu kertas atau penghapus pensil untuk menghilangkan warna tersebut. Sikat khusus dengan bulu – bulu yang lembut juga bisa digunakan.

Saat merawat tas, pastikan Anda melakukannya dengan benar, termasuk melakukan beberapa tips berikut ini. Pastikan tas Anda tidak berada di tempat yang terkena paparan matahari secara langsung. Selalu simpan ke dalam almari khusus untuk tas.

Sangat tidak disarankan untuk menyimpan tas dengan cara menumpuk. Menumpuk tas akan membuat volume dan bentuk tas menjadi tertekan. Akibatnya tas akan mudah rusak. Karena itu, ada baiknya bila Anda memilah tas – tas mana saja yang hendak disimpan berdasarkan kategori.

Tas yang berbahan kulit membutuhkan perawatan khusus. Selain mudah retak bila tidak dirawat dengan baik, tas berbahan material ini juga rawan pudar. Sebaiknya saat menyimpan tas, gunakanlah kantong atau tas khusus.

Biasanya saat Anda membeli tas bermerk, Anda akan mendapatkan tas pembungkus yang berfungsi untuk melindungi tas dari debu dan paparan sinar matahari. Tas ini jangan langsung dibuang, melainkan disimpan.

Karena saat Anda ingin menyimpan tas Anda ke dalam lemari, tas pembungkus ini akan sangat berguna. Saat Anda mendapati bahwa item kesayangan Anda terkena noda membandel, maka jangan langsung panik. Ambillah kapan dan sedikit alkohol.

Kemudian usapkan kapas yang sudah ditetesi alkohol tersebut ke permukaan yang terkena noda secara perlahan hingga noda menghilang. Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah selalu menjaga tas sebagaimana adanya.

Mudahnya, gunakanlah tas sesuai dengan kapasitasnya. Jangan menambah barang – barang yang sekiranya tidak perlu dan tidak muat dimasukkan ke dalam tas karena hal tersebut akan merusak tas tersebut. Hindari meletakkan tas di tempat – tempat tertentu yang berpotensi merusak tas.

Sebaiknya tidak menyimpan benda berbahaya seperti bahan kimia, gunting atau benda tajam di dalam tas. Bahkan, bila Anda ingin menyimpan bolpen atau pena sebaiknya Anda memiliki tempat khusus agar cat tinta dari item tersebut tidak mengenai tas.

Demikianlah beberapa cara merawat tas wanita yang perlu Anda perhatikan. Tiap – tiap tas memiliki karakter tersendiri. Karena itu, rawatlah tas Anda dengan baik. Catat hal apa saja yang sebaiknya Anda hindari dan hal apa yang mesti Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan yang muncul.

About the author